Jumat, 17 Januari 2014

Objek Wisata Goa Pindul Masuk 15 Besar Nasional


Tim juri lomba Desa Wisata Tingkat Nasional yang dipimpin Titin melakukan klasifikasi lapangan di Desa Wisata bejiharjo (Dewa Bejo) karangmojo,minggu(2/9). Tim juri  diantar  Direktur Pemberdayaan masyarakat Kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif Bakri diterima Bupati Hj badingah SSos.
Kabid Pengembangan Produk Wisata Gunungkidul Wijang Eka Aswarna, Ketua Dewa Bejo Subagyo dan sejumlah pejabat. Kehadiran tim juri ini untuk mengklasifikasi lapangan setelah menilai administrasi yang sudah dikirim ke Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , bahkan Dewa Bejo sudah masuk 15 besar nasional. “kami datang untuk melihat lapangan” setelah menilai administrasi, “ujar Titin.
       Dilaporkan Subagjo bahwa Desa Bejo yang baru berdiri 30 juni 2010 sudah banyak mengalami perkembangan, pendirian Desa Wisata dengan keunggulan wisata alam susur Goa Pindul dan Susur  Sungai Oyo serta beberapa wisata pendididkan dan sejarah ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Berkat bantuan dari PNPM Pariwisata sejak 2011 dan 2012 dapat dimamfaatkan untuk sarana dan prasarana, dari segi penginjung dalam 1 tahun tidak kuramg dari 25 ribu pengunjung bahkan dalam momen lebaran lalu setiap hari ratya-rata dikunjungi 2 ribu orang. Selain itu berdirinya desa wisata bejiharjo mampu memberdayakan masyarakat seperti jumlah pemamdu tetap ada 47 orang dan cadangan ada 37 orang, bahkan pada hari-hari besar mencapai 100 orang , jumlah Homestay  dirumah –rumah penduduk mencapai 17 unit. Pedagang kaki lima yang semula 2 orang menjadi 20 orang,belum petugas parkir dan penjual jasa lainya. Direktur pemberdayaan  masyarakat Bakri mengakui goa pindul sudah banyak dikenal diseluruh indonesia dan banyak mengalami perkembangan.(awa/ded)
sumber berita : Kedaulatan Rakyat

0 comments :

Posting Komentar