Sabtu, 01 Februari 2014

Danau Bedugul

Danau Bedugul atau disebut juga Danau Bratan adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau ini berlokasi pada ketinggian daratan sekitar 1.239 meter di atas permukaan air laut. Danau ini terletak paling timur di antara dua danau lainnya yaitu Danau Tamblingan dan Danau Buyan, merupakan gugusan danau kembar di dalam sebuah kaldera besar, danau ini terbilang cukup istimewa. Jaraknya seitar 1 jam perjalanan dari Kota Denpasar.
Danau Bedugul bisa diakses dari 2 tempat, yang pertama adalah tempat yang biasa menjadi pemberhentian bus-bus pariwisata. Sedangkan tempat yang satunya biasa menjadi tempat pemberhentian mobil-mobil dan motor. Di tempat yang kedua kita bisa memarkir mobil dipinggiran danau, sedangkan di tempat pertama kita harus jalan kaki dahulu untuk menuju danau
Di pinggir danau Bedugul terdapat Pura yang bernama Pura Ulun Danu Bratan atau Pura Bratan. Pura ini dibangun pada tahun 1663, merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Letaknya yang di dataran tinggi, menyebabkan tempat ini sangat sejuk dan kadang-kadang di selimuti kabut, membuat pura ini terlihat anggun.
Bangunan puranya sangat mencirikan khas Bali, yaitu bangunan yang memiliki atap bertingkat, menara dengan atap 11 tingkat, 7 tingkat, dan 3 tingkat. Menara tersebut menyimbulkan kepercayaan umat Hindu di Bali terhadap tiga dewa, yakni Dewa Wisnu ( 11 tingkat), Dewa Brahma ( 7 tingkat) dan Dewa Siwa ( 3 tingkat).
Di sini pengunjung bisa menyewa perahu tradisional atau perahu bermotor untuk mengelilingi danau agar dapat menikmati pemandangan danau dari jarak dekat. Bagi yang suka tantangan, anda dapat mencoba water sport di Bali. Seperti paraseling, banana boat, dan jet ski tentunya bukan di Danau Bedugul tapi di Tanjung Benoa. Namun bagi yang tidak suka olah raga air, aktivitas memancing menjadi pilihan yang sangat tepat sambil menikmati indahnya pemandangan dan segarnya udara di pinggir danau.

Anda tertarik berwisata ke Bedugul? Kami berikan tawaran yang menarik untuk Anda. Segera hubungi Dira Wisata Semarang.

0 comments :

Posting Komentar