Sabtu, 01 Februari 2014

Pantai Pandawa

Selain keunikan budayanya, Bali memang sangat terkenal akan keindahan alamnya. Tak heran banyak pantai-pantai indah dimanfaatkan sebagai objek wisata di pulau surga ini. Beberapa pantai juga merupakan favorit bagi wisatawan saat berlibur ke Bali, sebut saja Pantai Kuta, Sanur, Dreamland, dan lain sebagainya. Kemungkinan daftar pantai favorit tersebut akan segera bertambah karena baru-baru ini sebuah pantai baru yang luar biasa indah baru saja menjadi pusat perhatian baru. Pantai ini bernama Pantai Pandawa. Sudah pernah mendengarnya? Mungkin masih asing di telinga anda, tapi jika sudah mengetahuinya dijamin anda akan bergegas ingin mengunjunginya.
Pantai Pandawa terletak di desa Kutuh Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali, 3 km dari kawasan Wisata Nusa dua dan Pura Uluwatu. Dulunya Pantai yang letaknya tersembunyi di kawasan bukit yang dinamai Secret Beach. Secret Beach, sebenarnya sudah lama dikenal di kalangan wisatawan. Namun, akses yang cukup sulit menuju lokasi membuat pantai ini sepi pengunjung. Meskipun ada, itu pun kebanyakan para peselancar asing dan domestik yang berkunjung. Untungnya, Pemerintah kabupaten Badung menyadari potensi wisata yang dimiliki pantai ini dan segera melakukan penataan untuk dipersiapkan sebagai kawasan wisata unggulan baru. Hasilnya kini sudah mulai bisa dirasakan, diantaranya akses menuju pantai yang semakin baik dan mudah untuk dilalui kendaraan.
Pantai Pandawa memiliki panorama yang sangat indah serta suasana pantainya sepi dan tenang. Sejak memasuki kawasan pantai ini, mata kita akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan tebing-tebing tinggi, di kanan-kiri jalan di sepanjang 1,5 km menuju pantai. Jalan tersebut memang sengaja dibuat dengan membelah bukit-bukit kapur yang ada di Desa Kutuh, mirip bukit kapur yang dibelah di GWK. Mendekati pantai, tebing-tebing kapur tersebut dilubangi dan diukir dengan indah. Di tebing tersebut ditempatkan patung tokoh-tokoh Pandawa dari cerita Mahabaratha yang terdiri dari Yudhistira / Dharmawangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa. Oleh karena itulah, pantai ini kini disebut dengan Pantai Pandawa.
Saat memasuki area pantai Pandawa, anda akan dibuat terkesima dengan panoramanya yang indah. Pasir di pantai ini begitu putih dan bersih yang dipadukan dengan latar belakang air laut hijau kebiruan. Suasana pantainya masing sangat sepi, tenang, dan bersih. Tidak ada sampah-sampah yang berserakan, kalaupun ada hanya bekas-bekas rumput laut yang terbawa ombak. Pantai ini sangat cocok sebagai area berenang karena ombaknya tidak terlalu keras. Berbagai kegiatan lain bisa dilakukan di pantai ini misalnya bermain pasir atau berjemur. Karena letaknya berada di bagian timur pulau Bali, maka kita pun bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang begitu luar biasa dari Pantai Pandawa ini.
Sebagai tambahan, anda juga dapat menyaksikan aktivitas para petani rumput laut di sepanjang pantai secara langsung. Karena kontur pantai yang landai dan ombaknya tidak sampai ke garis pantai, Pantai Pandawa sangat cocok untuk budi daya rumput laut. Tak heran kalau masyarakat di sekitar kawasan ini banyak yang menjadi petani rumput laut.
Selain itu, terdapat juga kegiatan rekreasi yang tidak kalah menariknya di sekitar pantai ini yaitu paragliding atau paralayang. Jika cuaca sedang cerah dan angin bertiup dengan kencang anda dapat menyaksikan atau dapat mencoba langsung aktivitas paralayang di atas Pantai Pandawa. Meskipun tempat untuk melakukan aktivitas ini tidak dimulai dari Pantai Pandawa, namun Bukit Timbis yang menjadi pusatnya kegiatan paralayang di Bali lokasinya tak terlalu jauh. Biasanya, kegiatan paralayang ini dilakukan di siang dan sore hari, bila cuaca memenuhi syarat. Saat melakukan paralayang, anda akan dapat dengan jelas melihat keindahan Pantai Pandawa ini dari ketinggian. Jangan khawatir jika anda adalah seorang pemula, atau bahkan sama sekali belum pernah mencoba olahraga ini karena disediakan pusat pelatihan dan pemandu apabila diperlukan. Jika Anda tertarik untuk mencoba paralayang, Anda tinggal meluncur ke Bukit Timbis yang jaraknya hanya beberapa kilometer dari Pantai Pandawa. Anda tertarik menikmati indahnya Pantai Pandawa? Segera hubungi Dira Wisata Semarang.



2 comments :

Posting Komentar